Kupon Loyalty - Blibli

12 Desember 2015, merupakan salah satu hari bersejarah di dunia perbelanjaan online Indonesia. Situs-situs e-commerce berlomba-lomba menawarkan produk dengan harga yang WOW murahnya. Karena saya sekarang belum berpenghasilan, jadi saya ikut memantau saja. :') 


November yang lalu, saya iseng-iseng menukar beberapa reward point blibli saya. Saya tukarkan untuk kupon Rp 100.000,00 dengan syarat minimal pembelian Rp 110.000,00. Masa berlaku kupon ini hingga tanggal 12 Desember pukul 23.59. Maka dari itu saya memutuskan untuk menggunakannya pada harbolnas, siapa tau ada barang yang didiskon besar-besaran dan bisa terbeli cukup dengan menambahkan beberapa ribu rupiah lagi. Ternyata hal tersebut hanyalah mimpi :D. Blibli tidak memberikan diskon besar-besaran pada hari itu, melainkan sebuah promo baru yaitu cashback 100%. Berikut ketentuan promo tersebut :


Gambar 1. Ketentuan Cashback 100%


Berikut mekanisme penerimaan cashback tersebut :


Gambar 2. Mekanisme Peneriman Cashback 100%

Untuk saat ini saya belum bisa membahas lebih jauh tentang promo cashback ini. Apabila saya sudah menerima vouchernya akan saya buat sebuah tulisan baru. :)




Kembali ke topik utama tulisan ini, karena saya tidak menemukan barang yang didiskon besar-besaran maka saya memutuskan untuk membeli makanan saja. Akhirnya saya memutuskan membeli Susu dan Madu. Supaya harga murahnya lebih terasa, saya memutuskan untuk mengirimkan barang-barang tersebut ke rumah orang tua saya di Sulawesi Utara (jauh dari Jakarta). Sebenarnya hal ini juga untuk menunjukkan kalau blibli benar-benar memiliki fitur gratis ongkos kirim sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (karena masih saja saya menemukan ada yang komentar kalau ongkos kirimnya tipu-tipu, padahal pada produk yang dikomentari tertera dengan jelas Gratis Ongkir Jabodetabek).


Berikut gambar ringkasan belanja saya : 


Gambar 3. Ringkasan Belanja

Karena gambar saya compress agar ukuran tidak membengkak, gambar jadi terlihat agak buram. Berikut poin-poin penting dari gambar tersebut :


  • Nomor 1 menunjukkan total yang harus saya bayarkan.
  • Nomor 2.1 menunjukkan alamat tujuan pengiriman.
  • Nomor 2.2 menunjukkan kupon loyalty saya.
  • Nomor 3 menunjukkan jasa pengiriman yang digunakan (saat itu entah kenapa saat saya menggunakan JNE, tertulis area tidak dijangkau) dan detail barang yang saya beli di atasnya.

Untuk lebih meyakinkan orang-orang yang susah untuk diyakinkan :D, saya juga membuat screenshot hasil transaksi di klikbca. Dapat dilihat pada gambar berikut ini :


Gambar 4. Halaman E-commerce Payment
Gambar 5. Halaman Transaksi Berhasil Dilakukan

Dari kedua gambar screenshot klikbca tersebut, dapat dilihat jumlah yang harus saya bayarkan dan saya benar-benar menyelesaikan pembayaran hingga selesai. Jadi dapat disimpulkan kalau apa yang tertulis pada syarat dan ketentuan sebaiknya kita pahami terlebih dahulu untuk menjadi pembeli yang baik. Karena situs e-commerce pun berusaha memberikan yang terbaik untuk kita. :)


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

0 comments