Pengalaman Pertama Berbelanja di JD.ID

Memasuki tahun ajaran baru, saya mempersiapkan segala keperluan saya. Buku tulis dan buku paket telah terbeli. Tinggal menunggu tanggal untuk orientasi siswa baru. Saya juga berharap orang tua saya bisa mengikuti himbauan mantan menteri pendidikan, untuk mengantar mengantarkan anak pada hari pertama sekolah. Sayangnya hal tersebut cuma harapan.ha...ha... Kamar saya juga sudah saya persiapkan agar saya bisa belajar dengan tenang. Hanya saja penerangan di kamar saya tidak cukup memadai untuk saya membaca buku. Mata saya tak sehebat dulu lagi, kalau kurang terang bawaannya hanya pengen tidur aja. Maka dari itu saya putuskan untuk membeli lampu baru untuk kamar saya. 

Sebelum saya memutuskan untuk membeli online, saya melihat-lihat harga terlebih dahulu di toko fisik. Karena harga yang kurang lebih sama, bahkan toko online lebih murah beberapa ribu rupiah saya putuskan untuk membeli lampu secara online. 

JD.ID merupakan pemain baru dalam dunia e-commerce tanah air. Pilihan jatuh pada JD.ID karena saya ingin mencoba pengalaman berbelanja melalui e-commerce ini. Saya membeli produk melalui APP JD.ID. Pembelian melalui APP menurut saya mudah namun cukup membingungkan karena baru pertama kali.Seperti tulisan saya tentang mataharimall,
yang cukup membingungkan adalah pada saat pembayaran. Hal ini dikarenakan JD.ID belum support klikpay maupun klikbca dan saya terbiasa menggunakan kedua layanan tersebut. :) Hal yang saya senangi adalah sms dan email yang dikirimkan oleh pihak JD.ID, membuat saya tenang dan yakin kalau pesananan saya benar-benar di proses. 

Untuk singkatnya alur pembelian di JD.ID adalah sebagai berikut :
1. Konsumen mencari barang yang dibutuhkan.
2. Klik pada barang tersebut untuk melihat detail produk.
3. Apabila sesuai harapan dan hendak membeli klik tombol Beli Sekarang, apabila masih ingin berbelanja klik tombol Tambahkan Ke Troli.
4. Apabila bukan member saya kurang tahu akan seperti apa, karena saya member saya langsung masuk pada halaman Pengiriman dan Pembayaran. Setelah alamat dan metode pembayaran dipilih maka klik tombol Bayar Sekarang.
5. Saya memilih metode bank transfer. Saya mendapat sms dan email yang berisikan nomor rekening JD.ID. Saya harus transfer ke nomor tersebut dan melakukan konfirmasi kembali (konfirmasi tidak realtime seperti kalau kita menggukanan klikbca atau klikpay).
6. Saya mengirimkan email berisikan bukti transfer ke CS JD.ID.
7. Saya menerima sms dan email kalau pembayaran saya telah dicek oleh pihak JD.ID dan pesanan saya telah sah terbayar. :)
8. Saya menerima sms dan email yang berisikan pemberitahuan kalau barang saya telah dikirim.
9. Saya berbelanja hari Kamis, 28 Juli 2016, sekarang (saat tulisan ini saya buat) tanggal 1 Agustus 2016 barang masih belum saya terima. Menurut saya hal ini dikarenakan akhir pekan, jadi harus menunggu hingga hari Senin baru proses pengiriman dilanjutkan.
10. Akan saya update apabila barang sudah saya terima.

Lengkapnya akan saya jabarkan satu persatu (saat saya update nanti :) ).

Update 7 Oktober 2016
Mohon maaf baru sempat untuk update sekarang. :)
Barang saya terima tepat 6 hari setelah tanggal pengiriman. Nah, yang cukup membingungkan adalah nomor tracking yang diberikan, tidak muncul di JNE maupun TIKI dan kebetulan saya tahunya hanya 2 jasa ekspedisi terebut. Ternyata barang dikirimkan menggunakan jasa Jet Express (JX).

Gambar 1. Jasa Pengiriman Jet Express

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

1 comments

  1. Thanks for sharing your experience with us. Please provide more JD.ID Coupons for online shopping in Indonesia.

    ReplyDelete