Kuliner Kalimantan - Rumah Makan Lemeq, DI Yogyakarta

Setelah beberapa kali bolak balik dan selalu tutup, beberapa waktu yang lalu teman saya Roy mengatakan kalau RM Lemeq sudah buka kembali. Ternyata selama ini kami salah jadwal, hari Minggu tutup. Saya tidak ingat betul, tapi seingat saya dulu RM Lemeq tidak memiliki plang seperti pada Gambar 1. Seingat saya hanya ada spanduk dan banner. Nah, karena sudah ada maka kami tahu kalau bukanya hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 18.00 sampai habis.

Gambar 1. Plang Nama RM Lemeq
Gambar 2. Banner RM Lemeq
Banner yang saya maksud dapat dilihat pada Gambar 2. Dapat dilihat juga pada Gambar 2 kalau papan Buka/Tutup menunjukkan kalau RM Lemeq sedang tutup. Sebenarnya tidak, mungkin pekerjanya lupa mengubah posisi papan. Jadi untuk yang hendak berkunjung, datanglah sampai pada bagian depan bangunan agar benar-benar pasti sedang buka atau sudah tutup.

Untuk makanan RM Lemeq menyediakan 2 jenis yang saya tahu, Asoq dan B2. Untuk Nyipaq, saya juga tidak tahu itu apa. Dugaan saya itu sejenis B2. Nah untuk Asoq, sejauh ini cuma ada 1 jenis masakan yaitu versi pedas berwarna kuning (dapat dilihat pada Gambar 3). Asoq ini sesuai dengan selera saya, pedasnya pas di perut. :) Apabila makan makanan Menado (nanti akan saya buat post-nya) membuat saya merasa mulas, untuk yang satu ini perut saya aman-aman saja. Rasanya pun enak tidak menyiksa. Menyiksa yang saya maksud disini adalah pada saat makan membuat keringat mengucur dan mulut bersuara sssh hah sssh hah. :)

Gambar 3. Asoq RM Lemeq
Untuk B2 yang saya tahu ada 3 versi, yaitu rica-rica, dendeng dan kecap. Saya dulu sudah pernah merasakan yang rica-rica, jadi pada kesempatan ini saya beli yang dendeng (dapat dilihat pada Gambar 4). Untuk dendeng ini, rasanya tidak pedas. Malah terasa agak asam. Rasa pedas hanya dari cabe yang dipotong. Terkadang saya merasakan seperti makan B2 panggang, mungkin dendeng ini dipanggang juga. Jujur, dendeng ini tidak sesuai selera saya.

Gamba 4. Dendeng B2 RM Lemeq
Selain Asoq dan Dendeng saya juga membeli sayur kangkung ca (ketiganya dapat dilihat pada Gambar 6). Sayurnya enak, dan terdapat potongan-potongan B2. Joss lah, saya suka. Penampakannya dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5. Kangkung Ca RM Lemeq
Gambar 6. Makanan yang Saya Beli di RM Lemeq
Untuk harga menurut saya murah. Untuk Asoq dan Dendeng B2 Rp 15.000,00 per porsinya. Sementara Kangkung Ca Rp 3.000,00 per porsinya. Sekian dulu ya. :)

Update...
Tidak berapa lama saya kembali mengunjungi rumah makan ini lagi. Pada kesempatan ini saya membeli Rica-rica B2 dan sayur ubi tumbuk. Penampakan keduanya dapat dilihat pada Gambar 7 dan Gambar 8.

Gambar 7. Ubi Tumbuk RM Lemeq

Gambar 8. Rica-rica B2 RM Lemeq

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

1 comments

  1. Nyipaq itu ular mas, sementara asoq itu anjing.

    ReplyDelete