Metode Pembayaran Klikpay - Lazada

Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang pengalaman berbelanja di mataharimall.com dengan metode pembayarannya yang bisa dibilang masih minim. Kali ini saya berkesempatan berbelanja lagi, lebih tepatnya lagi berbelanja untuk orang lain. :D Kali ini saya berbelanja di lazada.co.id, why? Karena barang yang ingin dibeli hanya tersedia di lazada.co.id dan tokopedia. Saya memilih lazada karena ada promo dan saat mencoba tokopedia saya bermasalah dengan form isian pengiriman barang. Tombol dropdown untuk memilih kurir error (tidak mau muncul pilihannya). Sudah mencoba beberapa kali dan gagal akhirnya saya putuskan untuk di lazada saja. (sebenarnya yang di lazada tipe barangnya tidak sesuai, tetapi orang yang menitip tidak masalah ada sedikit perbedaan pada tipe).

Seperti judul diatas, saya akan menceritakan pengalaman saya menggunakan metode pembayaran dari bca, yakni bca klikpay. Beberapa kali saya mengalami masalah dengan metode ini dikarenakan saya hanya menggunakan metode ini apabila berbelanja di lazada. Karena frekuensi penggunaan yang tidak begitu tinggi maka saya sering lupa password. Tapi kali ini sih tidak. :D 


Nah, saat kita memilih klikpay pada metode pembayaran di lazada kemudian mengklik tombol untuk membayar maka kita akan dialihkan ke halaman login klikpay. Setelah kita berhasil login kita langsung masuk pada halaman pemilihan jenis pembayaran (Gambar 1). Kita memiliki 2 buah pillihan, klikbca dan kartu kredit bca. Saya menggunakan klikbca.
Gambar 1. Jenis Pembayaran
Setelah mengklik tombol kirim maka akan dialihkan lagi ke halaman pembayaran. Disini kita diminta untuk mengirimkan kode OTP ke nomor telepon kita. Setelah kita klik tombol Kirim OTP, sistem akan secara otomatis mengirimkan kode ke nomor handphone yang telah kita daftarkan saat kita registrasi akun klikpay. 

Gambar 2. Kirim OTP 1
Seperti dapat dilihat pada Gambar 2, setelah mendapatkan sms kode OTP kita harus memasukkan kode tersebut pada kolom yang telah ditentukan (yang ada titik-titiknya). Nah pada bagian inilah saya sering melakukan kesalahan. Karena terbiasa menggunakan tombol ENTER untuk mengeksekusi sebuah perintah maka saya menekan ENTER. Padahal untuk halaman ini, perintah dari tombol ENTER adalah untuk mengirimkan kembali kode OTP. Dapat dilihat pada Gambar 3, tertulis saya melakukan permintaan pengiriman OTP ke-2. Sedihnya lagi, pulsa kita akan selalu terpotong setiap kali kita melakukan permintaan kode OTP (Gambar 4).

Cukup saya yang melakukan kesalahan ini. Untuk teman-teman yang membaca tulisan ini, silahkan klik pada tombol BAYAR agar sistem tidak mengirimkan kode OTP lagi. 
Gambar 3. Kirim OTP 2
Gambar 4. Biaya Transaksi
Apabila transaksi kita telah selesai dan berhasil maka kita akan dialihkan ke halaman berikut ini :

Gambar5. Pembayaran Selesai

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

3 comments

  1. hi, om itu utk pembayaran baca klikpay potong dari saldo rekening kan ?

    trus kalo cara bkin bca klikpay apa harus bikin i-banking dlu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Robby, untuk pembayaran menggunakan klikpay kita diberikan 2 buah pilihan (dapat dilihat pada Gambar 1). Karena saya tidak memiliki kartu kredit maka saya memilih menggunakan klikbca. Untuk metode ini akan memotong saldo rekening yang kita gunakan untuk mendaftarkan fasilitas klikbca.

      Untuk membuat klikpay kita harus terlebih dahulu memiliki internet banking (untuk pembayaran memalui klikbca) atau kartu kredit (yang ini saya juga kurang tahu). Lebih jelasnya dapat dilihat pada halaman berikut ini:
      https://klikpay.klikbca.com/login.do?action=registerDirectRequest
      Poin B.2

      Delete