Beli Pulsa di blibli.com? Bisa!

Blibli kembali menambah fitur atau mungkin lebih tepatnya barang dagangan.:) Sekarang member dapat membeli pulsa melalui blibli.com. Untuk halaman pembelian pulsa dapat diakses melalui tautan ini. Seperti dapat dilihat pada tautan tersebut, tidak semua operator logonya terpampang. Baru beberapa saja, yaitu : Telkomsel, Kartu As, Simpati, Loop, XL, IM3, Indosat Ooredo, Mentari dan Smartfren. Saya mencoba untuk mengisi pulsa saya, tetapi entah mengapa blibli tidak dapat mengenali nomor saya. Saya menggunakan Simpati dan Loop, keduanya tidak dapat dikenali.:(

Berikut screenshotnya (Gambar 1 dan Gambar 2) :

Gambar 1. Nomor Loop

Gambar 2. Nomor Simpati
Karena menggunakan nomor saya tidak bisa (dapat dilihat pada screenshot, tombol-tombol yang ada berwarna abu-abu dan tidak memunculkan pilihan saat saya klik) dan saya masih penasaran, saya memutuskan untuk mencoba memasukkan nomor teman saya. Ternyata nomor teman saya dapat dikenali dengan benar oleh blibli (dapat dilihat pada Gambar 3). Pada Gambar 3 saya menggabungkan beberapa screenshot sehingga menghasilkan halaman beli pulsa blibli secara utuh. Untuk nomor teman saya, blibli dapat mengenali jika nomor tersebut adalah nomor Indosat. Saya dapat memilih nominal pulsa dan metode pembayaran (tidak bisa saat menggunakan nomor saya).
Gambar 3. Screenshot Halaman Beli Pulsa Blibli

Mungkin saja untuk nomor dari Provider Telkomsel sedang bermasalah saat saya mencoba fitur baru ini (26 Februari 2016 sekitar pukul 1 tengah malam). Selain daripada nomor saya yang belum bisa saya isi ulang melalui blibli, saya juga menyayangkan metode pembayaran klikbca yang tidak ada pada pilihan Pembayaran Lainnya. Saya bisa menggunakan klikpay, tetapi saya kurang begitu senang menggunakan fasilitas ini :), alasannya dapat dilihat pada tulisan saya melalui tautan berikut ini : link alasan.

Sekian tulisan saya. Apabila saya sudah berhasil menggunakan fitur baru dari blibli ini, akan saya tulis pengalaman saya tersebut di post lainnya.:)

Update....
Seperti janji saya di atas, berikut pengelaman saya membeli pulsa di blibli.com :

Hari ini, Sabtu, 27 Februari 2016 sekitar jam 10.30 pagi saya iseng-iseng membuka lagi halaman www.blibli.com/pulsa. Kemudian saya memasukkan nomor telkomsel yang saya gunakan untuk modem saya, yang belakangnya 4466 (seperti pada Gambar 2). Kali ini blibli dapat mengenali nomor saya, dapat dilihat pada Gambar 4.

Gambar 4. Nomor Simpati
Untuk nominal pulsa saya memilih yang paling kecil dengan harga Rp 25.000,00. Saya mengubah metode pembayaran menjadi klikpay (saya tidak memiliki kartu kredit untuk saat ini), dapat dilihat pada Gambar 5. Karena saya tidak memiliki voucher yang bisa saya gunakan maka saya langsung mengklik tombol berwarna oranya yang bertuliskan Total Pembayaran Rp 25,000.

Gambar 5. Metode Pembayaran BCA Klikpay
Setelah tombol saya klik, saya diredirect ke halaman login klikpay (Gambar 6). 
Gambar 6. Halaman Login Klikpay
Saya memasukkan email dan password saya pada form isian. Setelah itu saya masuk pada halaman Transaksi klikpay (Gambar 7).
Gambar 7. Halaman Transaksi Klikpay
Dapat dilihat pada Gambar 7, Merchant adalah blibli.com dan nomor transaksi (3 digit terakhir : 791) beserta jumlah yang harus Rp 25.000,00. Setelah membaca informasi pada halaman transaksi tersebut saya mengklik tombol kirim. Kemudian saya dialihkan ke halaman pembayaran (Gambar 8). Di halaman ini saya harus merequest OTP untuk bisa melanjutkan pembayaran. Maka saya mengklik tombol Kirim OTP. Setelah tombol saya klik muncul tulisan berwarna merah Anda Telah melakukan permintaan pengiriman OTP ke-1.

Gambar 8. Halaman Pembayaran Klikpay.
Tidak berapa lama ada sms masuk ke nomor saya 0813xxxxxx66 (kebetulan saya gunakan di modem jadi sms tersebut bisa saya screenshot). Dapat dilihat pada Gambar 9, saya mendapat sms dari nomor 69888 yang berisi kode OTP, nama merchat dan nomor transaksi (3 digit terakhir 791).
Gambar 9. Screenshot SMS Kode OTP
Saya pun memasukkan kode OTP tersebut pada halaman pembayaran klikpay dan mengklik tombol bayar. Transaksi berhasil saya lakukan, dapat dilihat pada Gambar 10.
Gambar 10. Transaksi Berhasil.
Tidak berapa lama saya kembali mendapatkan SMS, kali ini berasal dari TELKOMSEL. SMS berisikan ucapan terimakasih karena saya telah melakukan pengsian pulsa, dapat dilihat pada Gambar 11.
Gambar 11. SMS dari Telkomsel.
Overall, membeli pulsa di blibli cukup mudah. Hanya saja saya masih harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 550,00 (dapat dilihat pada Gambar 12) untuk transaksi menggunakan klikpay. Sementara bila saya membeli melalui klikbca langsung, saya tidak perlu mengeluarkan Rp 550,00 tersebut. Tetapi akan tetap lebih menguntungkan membeli melalui blibli.com apabila poin loyalti yang diberikan melebihi Rp 550,00 tersebut.:) Untuk saat ini saya belum bisa melihat nilai poin untuk transaksi pulsa ini dikarenakan masih masuk dalam kategori poin pending.

Gambar 12. Biaya Untuk Mendapatkan Kode OTP.
Update lagi... :)
Barusan saya mengecek email saya. Ada email dari no-reply blibli yang berisikan transaksi saya. Bisa dibilang itu email yang sudah tidak penting dikarekan berisi info tentang transaksi yang sedang diproses. Sementara transaksi sudah berhasil dan pulsa telah masuk ke nomor saya.:) Tapi ada info lainnya yang bisa saya berikan untuk pembaca, yaitu jumlah poin yang saya dapatkan pada transaksi tersebut. Dapat dilihat pada Gambar 13 dibagian yang saya beri kotak berwarna merah. Saya mendapatkan 50 poin untuk transaksi ini. Apabila dikonversikan ke rupiah dengan peraturan yang berlaku saat ini di situs blibli mengenaik poin rewards maka 50 poin = Rp 500,00. Jadi dapat saya simpulan saya harus mebayar Rp 50,00 lebih mahal dibanding dengan manggunakan klikbca.:)

Gambar 13. Email dari no-reply Blibli
Another Update....
Hari 29 Februari 2016, saya kembali menggunakan blibli sebagai sarana untuk membeli pulsa. Tidak menggunakan klikbca seperti biasa. Berikut alasannya :

  1. Saya membayar menggunakan klikpay. Kode OTP dikirimkan ke nomor modem saya, yang mana saya menggunakan nomor tersebut untuk mengakses internet. Dengan kata lain, saat saya mengakses internet nomor tersebut pasti ada di dekat saya. Sementara keybca (device biru kecil) belum tentu saya bawa. 
  2. Walau pulsa terpotong tapi saya mendapatkan nomor undian m-banking. Dapat dilihat pada Gambar 14. Siapa tahu saya lagi hoki, bisa dapat gadget atau bahkan bisa lihat Kanguru di habitat aslinya. :D
Gambar 14. SMS Berisi Nomor Undian M-Banking
Apabila saya membeli nominal 50k dan 100k akan saya update berapa poin yang saya dapatkan.:)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

4 comments

  1. Gan, punya coupon? itu coupon dapet darimana gan? :P hehehe... sharing, gan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan.
      Kupon bisa dapat dari aktifitas kita di blibli.
      Paling mudah kupon loyalti, tiap hari login and share produk.
      Ni ada tulisan saya tentang kupon loyalti :
      http://cinorkaban.blogspot.co.id/2015/12/kupon-loyalty-blibli.html
      Selain itu bisa dapat saat beli produk.
      Terkahir yang saya tau,kalau kita download app bisa dapat kupon 50k untuk minimal belanja 300k.
      Semoga menjawab pertanyaan agan.:)

      Delete
  2. Ternyata Mudah banget ya beli pulsa di blibli.

    ReplyDelete
  3. Jagalah kebersihan tubuh Anda dengan Toko tubuh lebih rendah - Gunakan kode voucher Blibli dan dapatkan 15% diskon di 3 toko bodi

    ReplyDelete