Rakuten Tutup Layanannya di Indonesia

Pagi ini saat mengecek folder spam pada email saya, saya mendapatkan email yang cukup mengejutkan. Email tersebut dari newsletter www.rakuten.co.id, yang mana menyatakan bahwa layanan belnaja online tersebut akan menutup layanannya di Indonesia per 1 Maret 2016. Saya tidak langsung percaya dengan isi email tersebut, mengingat rakuten merupakan salah satu e-commerce terbesar dengan skala internasional. Berikut email yang saya maksud di atas :

Gambar 1. Screenshot Pengirim Email

Dapat dillihat pada Gambar 1 di atas, pengirim email adalah Rakuten Belanja Online. Email masuk ke folder spam saya pada tanggal 12 Februari 2016 dengan jam tertera pada Gambar 1 (6:37 pm). Isi dari email tersebut dapat di lihat pada Gambar 2 di bawah ini :

Gambar 2. Screenshot Isi Email
Dapat dilihat pada Gambar 2, bagian yang saya beri garis bawah berwarna merah. Pihak pengirim email dengan menyesal akan menutup layanannya per tanggal 1 Maret 2016. Yang membuat saya tambah tida percaya adalah adanya kata yang saya rasa kurang pas pada paragraf ketiga, juga yang saya garis bawahi dengan warna merah. "Kami senangi Anda menjadi pelanggan Rakuten dan kami berharap untuk dapat ... ." Menurut saya kata yang saya cetak tebal tersebut seharusnya tidak menggunakan huruf "i" pada akhir kata. 

Lupakan kata yang janggal tersebut. Pada paragraf yang sama, email tersebut juga menyatakan bahwa pihak pengirim email memiliki harapan untuk meluncurkan layanan Rakuten yang baru dan menarik dalam beberapa bulan mendatang. Mari kita tunggu akan seperti apakan Rakuten yang baru tersebut. :)

Karena saya masih penasaran akhirnya saya mengunjungi situs www.rakuten.co.id. Ternyata email tersebut memang benar adanya. Pada bagian atas situs Rakuten terdapat sebuah banner berwarna kuning yang berisikan pengumuman yang sama dengan isi email yang saya dapat. Banner tersebut dapat dilihat pada Gambar 3 berikut ini :


Saya pribadi belum pernah berbelanja di situs ini. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

  1. Promo yang diberikan kurang menarik.
  2. Barang yang dijual terlalu banyak sehingga membuat bingung.
  3. Beberapa barang yang ada tidak memiliki keterangan yang memadai.
  4. Tidak adanya fasilitas gratis ongkos kirim 100% seperti pada www.blibli.com dan www.mataharimall.com (saya terakhir browsing untuk mencari barang di Rakuten sudah lama sekali dan saya tidak mengikuti perkebangannya)
Untuk yang ingin mengtahui tentang Rakuten lebih mendalam dapat mengunjungi Wikipedia pada tautan ini.

Catatan :
Apabila ada pihak yang merasa kurang berkenan dengan tulisan saya ini, mohon menghubungi saya melalui email saya : cinorkaban@gmail.com. :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hi, I am Cinor Kaban author of this blog. I love writing and photography, that's why I created this blog. Wish you all a good day. Sharing Is Caring.
If you have question or just want to say hello, please write your comment bellow or send an email to cinorkaban@gmail.com.

0 comments